Beranda | Artikel
Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Hadits 1455-1457 (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Sabtu, 27 Mei 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan menjelaskan “Hadits 1455-1457” dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah. Kajian ini disampaikan pada Sabtu sore, 1 Ramadhan 1438 / 27 Mei 2017.

Download juga kajian sebelumnya: Hadits 1450-1454

TPP: Keutamaan Kabilah-Kabilah Pembela Nabi, Keutamaan Sifat Pemaaf, dan Kebenaran Adanya Neraka

[sc:status-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Kajian: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits 1455-1457

Di dalam hadits yang ke 1455 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أسلم وغفار وأشجع ومزينة وجهينة ومن كان من بني كعب موالي دون الناس والله ورسوله مولاهم

“Kabilah Aslam, Ghifar, Asyja’, Muzaiynah, Juhainah, demikian pula dari Bani Ka’ab, mereka adalah wali-waliku, dan Allah dan RasulNya adalah wali mereka.”

Hadits ini bisa diambil faidah di antaranya adalah keutamaan kabilah-kabilah yang disebutkan di atas. Dimana mereka adalah orang-orang yang membela Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai darah penghabisan.

Di dalam hadits yang ke 1456 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اسمح يسمح لك

“Maafkanlah niscaya kamu akan dimaafkan.”

Hadits ini bisa diambil faidah dianjurankannya untuk memiliki sifat pemaaf dan berhati lapang.

Di dalam hadits yang ke 1457 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اشتكت النار إلى ربها وقالت: أكل بعضي بعضا، فجعل لها نفسين: نفسا في الشتاء ونفسا في الصيف، فأما نفسها في الشتاء فزمهرير وأما نفسها في الصيف فسموم

“Api neraka mengadu kepada RabbNya, lalu berkata: “Ya Allah, sebagianku memakan yang lainnya”. Lalu Allah memberikan kepada api neraka dua nafas, yaitu nafas di musim dingin dan nafas di musim panas. Nafas di musim dingin sangat dingin, dan nafas di musim panas sangat panas.”

Hadits ini bisa diambil faidah bahwa neraka bisa berbicara dan neraka Jahannam sudah ada. Dingin yang sangat adalah nafas dari neraka.

Simak penjelasan tentang hadits-hadits yang ada di dalam pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi semua.

Download Kajian: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits 1455-1457


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/27391-kajian-kitab-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-hadits-1455-1457-ustadz-badrusalam-lc/